5 Hal Menyebalkan Ketika Traveling Jangka Panjang



Perjalanan Panjang tidak melulu menciptakan sebuah momen berharga atau momen bahagia,karena jika semua hal yang terjadi begitu flat maka bumbu perjalanan kalian akan terasa hambar bukan.Pasti ada saat kita merasa sedih berpisah,merasa panik dengan kejadian tiba tiba,atau merasa geram dengan kejadian yang merugikan.Usang yakin kalian bisa merasakan bagaimana semua kejadian menyebalkan itu bukan?



Kali ini aku akan menceritakan 5 hal menyebalkan ketika Traveling jangka panjang sebagai berikut:

1.Kehilangan Moment Langka


Siapa sih yang mau membiarkan moment yang jarang terjadi begitu saja? aku yakin kalian semua tidak menghendakinya bukan?


Biasanya kejadian seperti ini dialami ketika traveling jangka panjang adalah Info yang kurang akurat atau pasti. Misalnya acara pengambilan Nyale di prosesi acara adat Pasola, Pertama kali menghadiri acara adat Pasola Februari 2016. Aku telat bangun, saat sudah pergi menuju ke lokasi ternyata prosesi ritual sakral pengambilan Nyale telah usai. Sedih? pasti udah pasti tapi rasa kesedihan itu tak berlarut larut. Setelah pengambilan nyale ada Pasola pantai dan dilanjutkan acara puncaknya di lapangan Wanukaka. Keterlambatan seperti itu sebenarnya kesalahan dari diri sendiri karena tidak bisa bangun pagi atau pergi tepat waktu. Jadi usahakan semua sudah terjadwal dan bisa mengkondisikan keadaan.

2.Rusaknya Benda Berharga


Kalau rusaknya benda berharga mungkin kalian akan sangat sedih sekali.bagaimana tidak sedih, seperti bulan Februari kemarin perjalananku kembali lagi mengunjungi Sumba. Handphone rusak mati total, di tambah momen tersebut bertepatan dengan acara pasola yang ku hadiri di tahun ini. Jadi semua prosesi hanya ku nikmati dengan kedua mata kepala dan tidak lebih. Rasanya ingin teriak teriak kayak orang gila karena mendapat musibah seperti itu. Jadi kalian harus siap dengan segala kondisi di medan perjalanan ya


Handphone yang rusak harus di ikhlaskan

3.Kehilangan Benda pemberian


Sebuah kenang kenangan pemberian teman, sahabat atau orang yang baik memberi kita tempat tumpangan menginap atau bertemu di perjalanan adalah penyesalan besar. Bagaimana tidak? jika kalian mendapat sebuah pemberian lalu lalai dan dengan ceroboh menghilangkanya apakah tidak menyesal? Seperti halnya kejadian kehilangan sebuah benda pemeberian dari teman waktu melakukan pendakian ke Gunung Kerinci dan benda pemberian waktu sampai di perbatasan Sota,Merauke. Karena usang menitipkan 2 benda pemberian tersebut di rumah salah satu kerabat yang berada di Jawa dan sedang mengalami renovasi rumah dan tidak sengaja terbuang beserta puing puing bekas perbaikan.


kedua benda yang abadi dalam sebuah jepretan kamera

Sangat terpukul setelah mendengar dan mencarinya sendiri benda pemberian dalam perjalanan tersebut telah lenyap. Dengan kurang teliti dan meninggalkannya begitu saja akhirnya kedua benda tersebut hanya menjadi cerita. Jadi usahakan buat teman - teman untuk bisa menyimpan benda pemberian atau kenang kenangan dari seseorang dalam perjalanan dengan baik dan benar.Jika tidak, maka kalian akan mengalami hal yang serupa.Jangan sampai deh ya

4.Mengunjungi Tempat Lebih Satu Kali


kali ini adalah pengalaman pribadiku, karena penasaran dengan sebuah tempat. Waktu itu aku ingin pergi mengujungi sebuah sumber aliran sungai yang mempunyai lubang vertical jika tepat matahari berada diatas lubang, maka warna air yang tosca akan membuat indah bentuk sebuah rongga menyerupai goa yang mempunyai nama Waikelo Sawah. Tapi aku sudah mengujungi tempat ini 3 kali dan tidak pernah mendapatkan hasil yang memuaskan. Seperti banjir setelah hujan, cuaca selalu mendung yang membuat matahari dan kondisi air tidak seperti semula.


Mengobati rasa kekecewaan dengan makan bersama 

Menyempatkan waktu untuk meluapkan rasa penasaran namun tidak pernah terjawab terkadang membuat hal semacam itu menjadi tidak mengenakan. Bukan permasalahan tempat, tapi karena usang waktu mengunjunginya tidak di musim yang tepat. Jadi jangan salah sangka ya hehehe
Jadi kalian harus bisa mengatur waktu kunjungan dengan tepat seperti di musim kemarau atau cuaca sedang bersahabat.jika tidak kalian akan mengalami hal yang sama seperti usang


5.Kecerobohan dengan benda yang tertinggal

Sekali lagi ini adalah hal terkonyol, saat itu aku sedang berkunjung di tempat wisata di Senaru. pada mulanya sudah prepare dan mempersiapkan lagi barang - barang yang akan dibawa kedalam tas.merasa sudah masuk semua kami berangkat menuju senaru.setelah menempuh perjalanan 2 jam setengah kami tiba di senaru.lalu kami berhenti disalah satu toko berniat membeli air minum dan makanan ringan, usut punya usut saat kami mau membayar, ternyata lupa membawa uang atau dompet dan lebih celakanya lagi bensin di motor pun sekarat. Setelah panik untuk beberapa saat aku tak sengaja menemukan uang kecil di kantong.


Kecerobohan dengan meninggalkan barang bawaan


Uang yang cukup untuk membeli air minum dan satu makanan ringan.dan kami terperangkap dalam kegelisahan akan keadaan yang mendesak tidak mempunyai uang dan hujan yang mengguyur lebat. Satu jam berlalu saya memutuskan untuk kembali pulang ke mataram dengan nekat melihat kondisi bensin yang sudah berkarat.hanya bermodal keyakinan kami mengendarai motor mengendap endap dan akhirnya kami sampai di salah satu sisi lombok barat karena bensin telah habis.


sempat berpikir sejenak lalu kucoba menghubungi salah satu teman untuk menolong, dan tak beberapa lama teman bernama Doni datang untuk membawakan 2 botol bensin. Kami pun merasa lega dan bahagia.karena uang tersisa 2000 yang tak bisa kami manfaatkan menjadi saksi ketidak mampuan menyelesaikan masalah.


Perjalanan ditutup hingga uang 2000 yang tidak bermanfaat itu kami dedikasikan untuk abang tukang parkir langganan minimarket di dekat rumah. Ini sebagai rasa terima kasih kepada uang yang menemani perjalanan kami waktu lalu.Dan ternyata uang tidak selalu menyelesaikan masalah.



Seperti itulah 5 hal Menyebalkan Ketika Traveling Jangka Panjang yang pernah ku alami sendiri.

Semoga teman - teman bisa lebih berhati - hati dan mengatur semua dengan baik agar tidak mengalami hal yang serupa.

kalau ada yang salah mohon di bantu perbaiki dalam 5 hal perjalanan ini ya,
semoga bermanfaat ya

8 comments:

  1. beberapa point di atas pernah ngalamin, rusak barang berharga dan kehilangan benda berharga, pernah hilang hp pas turun gunung entah karena jatuh or tau deh kenapanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh pernah mengalami musibah juga ya.lain kali harus hati hati ya kak biar ga terluang lagi

      Delete
  2. Paling males kalo ane itu hp low battery gan :v

    ReplyDelete
  3. Paling lama traveling 15 hari waktu ke Eropa, pi dengan bawaan yang minim, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan lebih enak bang bawa barang minim jadi ga ribet dan leluasa.tapi kalo ke luar negeri bahaya kalau ga di prepare bener bener.takut pasport atau ID hilang kan repot

      Delete
  4. Biasanya kalau Traveling lama pasti ada aja barang yang tertinggal, karena saking banyak barang yang harus dibawa, heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah apa ga ribet kalau traveling bawa barang banyak.
      kalau usang sendiri sih lebih meminimalisir bawaan dan memanfaatkan dengan barang yang sesuai

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.