Catatan Bulan ke12 - Pasang Surutnya Tantangan,Antara Istirahat Sejenak Atau Terus Bergerak




Oktober 2016

Bulan ke-12 dalam  perjalanan mencoba mengelilingi Indonesia,ah  apakah itu sebuah kebanggaan ? Pujian ? atau bahkan kaget karena melebihi ekspektasi bisa terus bertahan ? ya semua berfikir jernih saja untuk mengartikan angka itu.Bukan untuk berpuas diri,tapi sangat berterima kasih atas pelajaran dari perjalanan ini.

Bagi usang sendiri bulan ke-12 adalah sebuah  pembelajaran dari perjalanan ini,kenapa? Sebab banyak sekali yang didapat dari sebuah tragedy,kejamnya musibah (kehilangan benda berharga) atau kejutan sebuah keberuntungan  yang  sering kali muncul dengan dadakan.

Ketika memasuki bulan  itu,usang sedang mengalami masa masa yang sedikit terguncang.Maksud dari kata terguncang adalah sedang menghadapi cobaan.Lagi lagi usang di hadapkan dengan sebuah kejadian dimana harus mencari cara agar bisa terus bertahan menyambung nafas dan kehidupan.Tapi semua itu adalah tantangan yang harus di lewati bukan ? jangan nyerah Sang!
Saat itu usang baru saja kembali ke Pulau Lombok tepatnya di kota Mataram setelah  berjalan kurang lebih 2 bulan menuju ke berapa Pulau  seperti Pulau Sumbawa,Sumba,dan Flores. 

Menenangkan diri di pantai


Sempat bekerja di kapal mengantar tamu

Usang sempat juga mengalami kesulitan  ketika benar benar uang di kantong maupun di tempat penyimpanan tersembunyi telah  habis di makan oleh waktu.Setiap harinya  berusaha mencari pemasukan,ya walau terkadang ada hasil sedikit untuk membeli rokok dan makan beberapa hari,terkadang juga Zonk tidak bisa mendapat yang memuaskan harus tetap di syukuri.*elu elus dada aja

Entah kenapa  pilihan tempat untuk mengadu  peruntungan usang berada di Lombok.Tak ada alasan yang jelas kenapa aku selalu tergiur dengan tantangan disana.Meskipun usang tertolong dengan menumpang tinnggal di Rumah Singgah Lombok,tapi terkadang disanalah usang bisa memecahkan semua masalah yang datang bertubi tubi.Tak kala disalah satu waktu usang mencoba dengan hal hal baru untuk mengatasinya.

belajar memintal benang yang melelahkan


Beberapa kali waktu usang banyak terisi dengan mencari sumber pemasukan bermula dari berjualan online yang pernah usang geluti dulu ketika kedatangan pertama di Rumah Singgah,sempat merasakan menjadi ojek wisata sekaligus pemandu wisata,bahkan sempat membantu menemani beberapa orang luar  mengunjungi Gunung Rinjani dan ketika turun mendapat rejeki beberapa lembar uang berwana menjadi penyambung nafas.

mengikuti Kelas Inspirasi Dompu


Lalu pernah di sela sela waktu kosong mecari pekerjaan menyempatkan mengikuti kegiatan sosial seperti Kelas Inspirasi di Dompu bersama teman teman dari NTB sendiri dan beberapa daerah Indonesia lainya.Walau hanya mengikuti program KI Dompu beberapa hari,tapi bisa berkumpul dan belajar bersama adik adik itu adalah hal yang sangat luar biasa dan menyenangkan.Tapi itulah yang ingin usang kerjakan,menjadi relawan mengajar adik adik di berbagai daerah yang masih sangat membutuhkan bantuan.Oke cerita lengkapnya di postingan berikutnya ya.

kebahagiaan adik adik poto dari : Daewan


Selama 3 bulan bukan waktu sebentar untuk bertahan hidup dengan jadi pekerja serabutan, (sebelum melakukan perjalanan menuju Ambon)  Untuk mencari uang penyambung hidup itu terkadang membuat gerigitan,Sering kali rasa jenuh datang terus menerus dan sempat berfikir untuk menyudahi petualangan ini.mungkin karena faktor tidak ada uang ya? Sehingga rasa jenuh itu datang tak mau pergi.Sesekali rasa dahaga dengan perjalanan menggebu  gebu ketika melihat sesuatu di media sosial atau sedang membaca berita terbaru dari salah satu daerah yang belum usang kunjungi.


Arrggghhhh!!!!! Usang jenuh! Terkadang suara kecil yang tertahan ketika meluapkan nya di kamar mandi.Rasa ingin hidup normal seperti bekerja tetap,menikmati aroma bau masakan rumah,bebas tidur dan mengacak ngcak kamar lalu menatanya kembali,teman teman yang selalu menghiburku. Aku Rinduuuu!!!!!!!!


Jika kalian berada di posisi usang,Apa yang akan kalian lakukan? Istirahat Sejenak ? atau  Terus Bergerak ? Mungkin semua akan berkata, “maju aja terus,udah nanggung” benar ga? Hahahha
Memang benar usang tak akan menyerah begitu saja dan segera kembali pulang menuju rumah.Tapi,semua rasa tak ingin menyerah kadang tak sebanding dengan kenyataanya.Mungkin dari kalian pernah  melihat usang sering jalan berpindah tempat seperti orang banyak uang dan tidak memikirkan bagaimana caranya menyambung hidup.

Tapi pada kenyataanya,Usang  juga mencari cara bagaima mendapatkan uang cukup untuk melanjutkan perjalanan.Bukan tidak percaya dengan perjalanan  yang bisa mendapat keberuntungan,tapi terkadang keberuntangan tak selalu menemani.

Ketika menkmati ketenangan di Dompu


Jadi perjalanan mencoba mengelilingi Indonesia yang sudah memasuki bulan ke-12 menjadi titik dimana kejenuhan tak terkendali.perjalanan selama itu tak pernah usang rasakan sia sia.dan untuk sementara ini usang bertahan hidup dengan berjualan oleh oleh khas Lombok yang sering usang jajakan di media sosial.ya walau tidak setiap hari terjual namun cukuplah untuk bertahan dan bisa mengumpulkan uang untuk melanjutkan perjalanan yang ingin usang wujudkan.

Dilema,tapi aku bersyukur bisa menikmati perjalanan ini.Mungkin jika aku masih bekerja di tempatku dulu,aku tak akan mendapatkan pengalaman yang begitu luar biasa seperti ini.Pelajaran yang tak bisa di dapat di bangku sekolah,perguruan tinggi atau di tempat kantoran.Dan sampai sekarang aku masih teruk bergerak,berjalan menjelajah di setiap jengkal keindahan Indonesia.
Salam hangat untuk para pejalan yang merindukan Impianya di tengah doa malam yang penuh kesunyian


Baca juga perjalanan  bulan selanjutnya ya 8 HARI PERTEMPURAN RAGA,BATIN,DAN MENTAL DI GUNUNG BINAIYA

8 comments:

  1. Semangat yang luar biasa. Bolehlah saya di ajak berkeliling. Hobi kita sama bang usang:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bang sok atuh heheh ditunggu bang

      Delete
  2. semangat bang Usang ! saya terharu membaca postinganmu, semoga impianmu berkeliling Indonesia bisa segera terwujud, saya tunggu cerita-ceritamu di blog ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang,makasih tunggu cerita tentang sumba habis ini ya makasih

      Delete
  3. wah perjalanan seru
    saya ketinggalan ceritanya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di baca untuk yang lainya juga ya bang hehe
      makasih

      Delete
  4. Hai salam kenal. Pertama kalo mampir :D
    Waaw 12 bulan??? Itu bukam waktu yg sbentar untuk melakukan perjalanan.
    Sepertinya saya harus bookmark blog ini utk membaca petualanganmu dari awal bang
    Tetap semangat, jenuh itu pasti ada. Tinggal kitanya yg mau menyerah ato melawan jenuh itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal bang,ya alhamdulillah tak terasa perjalanan bisa melampaui batas bang.karena perjalanannya usang nikmati seperti merantau hehe
      terima kasih jika mau mengikuti cerita perjalananya ya

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.