Nikmatnya Sajian Nasi Kelapa Khas Ambon

"Desember 2016"
Perjalanan usang di penghujung akhir tahun 2016 sedang berada di Ambon,Maluku.Usang bersama Muklas dan Sena berada di Ambon kurang lebih sekitar 2 bulan.Sempat ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon dan donasi buku di Pulau seram,serta melakukan pendakian bersama ke Gunung Binaiya.Lalu selanjutnya hari hari kami banyak di habiskan di Ambon.
Ada salah satu makanan favorit usang diantara banyaknya kuliner yang ada di ambon.Salah satu nya adalah Nasi Kelapa.Pasti kalian sudah tidak asing dengan nama kuliner khas satu ini.ya nasi kelapa mirip dengan nasi Uduk yang berada di jawa atau di tempat lainya.
untuk dari bahan dasar pembuatan hampir sama,tapi ada yang membedakanya yaitu dalam proses pembuatanya yaitu menggunakan sambal kelapa.Sepertinya untuk membuat Nasi Kelapa susah suah gampang,ada tehnik khusus untuk bisa membuat Nasi Kelapa khas Ambon.
Nasi Kelapa berkolaborasi dengan colo colo dan ikan bakar

Cara Pembuatan : Nasi dikukus setengah matang lalu disirami santan pekat dan kemudian dikukus kembali. Nasi kelapa biasa disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan bakar, sambal colo-colo, ikan asin, telur asin, dan gorengan jagung. Namun pendamping yang wajib adalah sejenis serundeng khas yang biasa disebut sambal kelapa.
perpaduan ikan dan nasi kelapa



Namun waktu lalu,usang menikmati Nasi Kelapa dengan Colo colo dan Ikan bakar.Perpaduan yang komplit masuk mengisi mulut.Tekstur nasi yang lembut di imbangi dengan kuah sambal colo colo yang asam,asin dan pedas serta ikan segar membuat siapa saja akan terus melahap bahkan bisa tambah lagi.haha ketahuan kalau rakus

menikmati hidangan bersama teman teman Ambon

Waktu itu usang menikmati Nasi Kelapa di daerah Batu Merah yang dimiliki oleh keluarga sahabat disana yang bernama abang Nyonyo bersama teman teman Ambon.Sajian makan malam menjadi semakin nikmat dalam suasana keakraban bersama mereka.Dan Ambon menjadi salah satu daerah untuk usang mencintai kuliner daerah dan memberanikan diri untuk mencoba makan ikan.(karena dulunya takut makan ikan) jika kalian berkunjung ke Ambon,sempatkanlah untuk mencoba nasi kelapa keluarga abang nyonyo.Dijamin rasa dan harganya bakal cocok untuk para pejalan yang suka kulineran di setiap daerah.
Jadi siapa yang tertarik untuk mencoba nya? Yuk ke Ambon

12 comments:

  1. Sambel kelapa itu mirip serundeng tapi pedes nggak?
    Duh salah ini le baca ngepas malam-malam laper. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip serundeng tapi ga pedes,yang pedes colo colonya yang lumayan gerigit
      apalagi kalau di makan dengan ketupat,embal dengan sayur nya beh bikin kangen ambon mbak

      Delete
  2. Sambel colo-colo emang bikin ngiler hahahahha. Satu hal yang di sini menyenangkan itu ikannya masih segar :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti jika sempat mengunjungi ambon cobain deh bang,bener bener asoy nasi kelapanya dan ikan nya selalu segar yang disajikan

      Delete
  3. Belum pernah ke ambon. Pengen sambel colo-colo. Nmanya lucu

    ReplyDelete
    Replies
    1. entar kalo udah nyoba pasti ketagihan dan bakal kangen sama ambon loh

      Delete
  4. Wah seperti nya enak ya Mas makan Nasi Kelapa dan apa lagi makan nya sama ikan.

    ReplyDelete
  5. Wahh terima kasih untuk penulisan dan review mengenai nasi kelapa ibu saya :)
    Semoga bisa kembali dan merasakan nasi kelapa lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga bisa kembali ke tanah ambon kak :)

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.