Rumah Singgah Lombok : Tempat menginap gratis di Lombok,kalian wajib! Mengunjunginya




Berlibur dengan mendapat keuntungan seperti makan gratis,transportasi gratis, bahkan menginap gratis.Semua pasti menginginkanya bukan ? nah kali ini usang akan membagi Tempat menginap gratis di Lombok, kalian wajib! Mengunjunginya.

Jika kalian berkunjung ke Lombok maka tidak salahnya kalian mengunjungi bahkan menginap di Rumah Singgah Lombok. Pasti banyak yang sudah tahu,ada juga yang belum tau tentang keberadaan dan cerita tentang rumah yang memberi fasilitas gratis atau Tanpa di Pungut Biaya. Baik sekarang usang akan kupas cerita tentang Rumah Singgah Lombok.

Rumah Singgah Lombok itu apa?

Rumah Singgah adalah rumah sederhana milik Bapak Ichsan yang disediakan untuk teman teman traveler, para pendaki,atau teman teman lainya yang berkunjung ke Lombok untuk sekedar istirahat, bermalam, mandi, atau bertukar informasi tentang wisata di Lombok.



Ah masak sih ada tempat gratis seperti itu?
Memang masih banyak juga yang tidak percaya dengan adanya Rumah Singgah Lombok tidak memungut biaya, Tapi aku sendiri sudah membuktikanya dan sering mondar mandir berkunjung kesana dan Menginap disana Gratis.

Sejarah berdirinya Rumah Singgah Lombok

Sejarah Rumah Singgah Lombok  berawal dari salah satu anak laki laki Bapak Ichsan bernama Ichwan setiawan atau kerap di panggil Iwan ini bergabung dengan grup Lombok Backpacker di Facebook. Karena mempunyai banyak kenalan dan teman dari luar daerah Lombok, serta banyak yang ingin berkunjung ke lombok tapi terhalang dengan biaya yang minim. Setelah mengetahui permasalahan dari teman teman nya itu kak Iwan berniat untuk membantu teman temanya dengan mengizinkan mereka menginap secara gratis di rumahnya.

Kala itu rumahnya hanya dihuni oleh Bapak, Mamak dan adik bungsunya bernama Pita. Setelah mendapat ijin dan diperbolehkanya menampung teman temanya dirumah, karena di rumah mereka terdapat beberapa kamar yang kosong karena saudara kak Iwan yang lain telah berkeluarga dan tinggal di rumah masing.


sejak  Desember 2013 ada beberapa teman teman yang mulai berdatangan untuk menginap di rumah keluarga Bapak Ichsan. Seiring dengan berjalannya waktu, lama lama keberadaan Rumah Singgah ini mulai diketahui oleh banyak orang. Terkadang tidak sedikit teman teman yang datang dengan rombongan,ada juga yang sendiri bahkan ada yang couple.Sampai sekarang Rumah Singgah Lombok telah mendapat kunjungan yang banyak, sudah ada ribuan orang yang pernah singgah dari berbagai daerah di Indonesia sampai dari berbagai turis mancanegara.

Dimana bisa menemukan Rumah Singgah Lombok?

Nah ini yang biasanya dialami oleh teman teman yang akan mengunjungi Rumah Singgah, biasanya banyak kejadian tersesat dan sedikit kesulitan untuk menemukan lokasi Rumah Singgah Lombok. Tetapi kalian tidak usah khawatir,karena sekarang kalian bisa menuju ke Rumah Singgah dengan mudah.

Alamat Rumah Singgah Lombok berada di Jl. Bangil 5 no 6 BTN Taman Baru, Mataram

Jika kebingungan,kalian juga bisa menggunakan Google Maps untuk mencari alamatnya seperti di bawah ini. Mudah Bukan?



Untuk transportasi menuju Rumah Singgah bisa menggunakan banyak pilihan,mulai dari kendaraan umum seperti Damri, Angkot, Taksi bahkan penyedia jasa layanan transportasi Online.

Misalkan kalian datang ke Lombok menggunakan pesawat, dari bandara kalian bisa menggunakan Damri tujuan Mataram dengan biaya Rp25.000 perorang dan jarak tempuh sekitar 45 menit. Sesampainya di terminal Damri kalian bisa menggunakan jasa Ojek sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit kalian sudah sampai di depan Rumah Singgah Lombok.

Jika kalian datang ke Lombok Menggunakan Ferry dari Padang Bai, Bali menuju Lembar, Lombok. Kalian bisa menggunakan jasa angkot yang biasanya mangkal di luar tempat di depan pintu keluar pelabuhan. Jika kalian menyebutkan tujuan Rumah Singgah Lombok, maka kalian tidak usah khawatir, karena kalian langsung diantar oleh para supir angkot. Karena mereka sudah sering mengantar atau menjemput teman teman lainnya. Untuk biayanya sih usang sedikit lupa *faktor umur hehe. Kalau tidak salah sekitar Rp30.000perorang, untuk menjaga jaga, anggap saja biayanya sekitar Rp50.000perorang biar usang tidak salah menyebutkan nya ya.

Jarak tempuh dari pelabuhan Lembar menuju Rumah Singgah sekitar 45 menit hingga 1 jam. Cukup jauh memang, tapi tidak masalah bukan? kalian juga bisa menikmati suasana Lombok di sepanjang perjalanan.

Kenyaman fasilitas di Rumah Singgah Lombok

Di Rumah Singgah Lombok terdapat 4 kamar tidur yang kosong, 1 ruang keluarga luas yang cukup dan terdapat TV, 1 ruang sholat, 3 kamar mandi dan 1 teras yang biasa digunakan untuk ngobrol dan ngopi bareng sesama traveler maupun penghuni rumah singgah. Sekaligus tempat favorit usang untuk tidur hehe

 Sebagai catatan, di Rumah Singgah Lombok tidak ada yang membedakan untuk teman teman yang datang, misalnya seperti teman teman perempuan bergabung dengan teman perempuan yg lain di satu kamar tidur atau sharing. Sama halnya juga dengan teman laki laki, ketika Rumah Singgah Lombok  sedang ramai, tidak jarang mamak memberitahu kepada teman laki laki untuk keluar dari kamar dan tidur di ruang TV. Karena di Rumah Singgah Lombok memprioritaskan teman teman perempuan yang tidur di dalam kamar. *berbanggalah menjadi perempuan hehe

Aturan dan Etika saat berada di Rumah Singgah Lombok

Rumah Singgah Lombok adalah rumah biasa atau pribadi,tetapi karena banyaknya orang yang datang dan menginap,maka adanya aturan dan hal yang sebaiknya dilakukan ketika baru datang atau selama menginap di Rumah Singgah Lombok seperti berikut :

1.     Ucapkan salam ketika datang dan akan keluar rumah
2.     Bertemu dan bersalaman dengan Bapak dan mamak selaku pemilik rumah serta dengan teman teman yang sudah dating sebelumnya
3.     Mengisi buku tamu dengan lengkap beserta fotocopy KTP/tanda pengenal lainya
4.     Memberi kabar minimal 1 kali kepada Bapak atau Mamak ketika sedang jalan,agar di Rumah Singgah Lombok mengetahui keberadaan kalian dan tidak khawatir
5.     Adanya jam malam yaitu 21:30 WITA (terkecuali jika ada hal hal penting) bisa dimaklumi
6.     Membaur dan bercengkrama sesame teman yang berada di Rumah Singgah baik yang baru atau yang sudah datang terlebih dahulu
7.     Berinisiatif merapikan tempat tidur,turut membantu membersihkan rumah selayaknya rumah sendiri sehingga terciptanya suasana nyaman ketika berada di Rumah Singgah
8.     Jangan memindah barang milik teman tanpa sepengetahuan pemiliknya
9.     Berikan Testimoni tentang Rumah Singgah Lombok


Setelah mengetahui sejarah adanya Rumah Singgah Lombok serta membaca beberapa aturan dan Etika yang harus dilakukan ketika berada di Rumah Singgah Lombok dan tidak lupa tentang  fasilitas apa saja yang tersedia.

Pasti teman teman sekarang bingung  bagaimana caranya untuk bisa menginap di Rumah Singgah Lombok ? Apakah harus registrasi dulu ?

Ya bener,teman teman yang akan menginap di Rumah Singgah harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Karena Rumah Singgah bukan Hotel atau Penginapan alias rumah pribadi,maka dari itu kalian harus mengkonfirmasi terlebih dahulu sebelum datang. Minimal 2 minggu atau 1 minggu sebelum datang kalian member tahu kepada teman teman host yang membantu bapak dan mamak mengurus Rumah Singgah Lombok.

Begini caranya melakukan registrasi kepada teman teman host Rumah Singgah Lombok :

·        Foto KTP/SIM/Tanda Pengenal lainya
·        No Telepon/Whatsapp yang bisa dihubungi
·        No Telepon Emergency seperti keluarga atau kerabat jika terjadi sesuatu,maka teman teman bisa membantu menghubungi keluarga kalian
·        Mengisi tanggal kedatangan di Rumah Singgah atau Check-in
·        Mengisi tanggal kapan akan meninggalkan Rumah Singgah atau Check-out
·        Biasa waktu rata rata jika sedang menginap di Rumah Singgah adalah 7 hari
·        Mengisi Tujuan kalian ketika ada di Lombok

Jika sudah semua sudah di isi bisa dikirimkan kepada teman  teman Host Rumah singgah Lombok. Ada beberapa nomor telepon yang kalian bisa hubungi dan melakukan registrasi, bebas kalian menghubungi siapa saja yang menurut kalian cocok. Untuk mengetahui siapa saja Host dan bagaimana cara menghubunginya seperti di bawah ini :

Host Rumah Singgah Lombok

·        Duta : 081 8542 733 (WA)
·        Yeng Supriadi : 0818 0579 8986 (WA)
·        Iyus Blue : 0812 3626 3622 (WA)
·        Wawan Hermawan : 0813 3909 9992 (WA)
·        Jefry : 0877 6513 4897 (WA)
·        Dhan : 0818 0364 7767 (WA)


Itulah nama dan nomor telepon para teman teman host Rumah Singgah Lombok yang bisa kalian hubungi untuk melakukan registrasi serta bertanya tentang seputar Wisata atau destinasi yang ada di Lombok.

Apa yang bisa di dapatkan ketika berada di Rumah Singgah Lombok ?

Ketika sedang berada di Rumah Singgah Lombok banyak yang bisa kalian dapat baik berupa cerita pengalaman dari sesama teman yang singgah, mendapatkan info tentang destinasi baru,mendapat tips,dan terkadang mendapat teman untuk share cost menuju ke salah satu destinasi yang ada di Lombok. Sampai sampai ada juga yang mendapatkan jodoh alias pacar ketika para jomblo sedang berada di Rumah Singgah Lombok. Menyenangkan bukan? Pasti untung banyak hahaha

 Rumah Singgah sendiri berniat mempermudah atau membantu kepada teman teman yang ingin berlibur di Lombok. misalnya, di Rumah Singgah kalian juga bisa terbantu dengan mendapatkan tempat rental motor terpercaya dan sering di gunakan oleh teman teman yang sedang singgah. Kalian bisa minta tolong ke mamak untuk mencarikan rental motor, dan biasanya mamak langsung menghubungi Pak Hamdan nama si pemilik sewa motor. Dengan pelayanan terbaik, pak Hamdan sendiri yang langsung datang mengantarkan motornya ke Rumah Singgah,selanjutnya teman teman yang akan menyewa bisa langsung bertransaksi dengan pak Hamdan dengan jaminan KTP atau tanda pengenal lainya.

Atau ada yang mau menyewa mobil? Untuk di Lombok saat ini sangat jarang para penyedia sewa mobil yang berani menyewakan mobilnya khusus kepada orang luar lombok. Oleh karena itu biasanya mamak atau bapak membantu mencarikan dari kenalanya yang mau mobilnya di sewa beserta supirnya. Tak jarang jika tidak mendapatkan dari para penyedia jasa sewa mobil, bapak juga senang dan bersedia menemani teman teman untuk berkeliling menggunakan mobilnya.

Karena bapak sendiri sekarang sudah pensiun dan hobby jalan jalan makanya bapak senang senang saja untuk menemani sekaligus menjadi tour guide kalian untuk mengantar berkeliling mengunjungi wisata yang ada di Lombok.

Tanggapan tentang adanya Rumah Singgah Lombok?

Sangat senang dan sangat membantu tentunya.bagaimana tidak senang ? setiap hari bisa bertemu dengan berbagai orang dari berbagai daerah dan tentunya menambah teman baru serta bisa mengenali berbagai sifat dan karakter setiap orangnya.

Terlebih lagi dengan adanya Rumah Singgah ini usang jadi punya banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia. Satu lagi, yang paling penting bapak dan mamak menjadi lebih bahagia karena setiap hari ada teman untuk mengobrol serta berbagi cerita perjalanan.


Apalagi setelah seluruh anaknya sudah tidak tinggal satu rumah lagi dengan mereka dan hidup masing masing. Ya walau begitu anak anaknya masih sering berkunjung dan menginap di Rumah Singgah walau tidak setiap hari tetapi sudah bisa mengurangi rasa sepi dan kerinduan terhadap anak serta cucunya.

Oh iya, hampir aja lupa memberi info lagi. Di Rumah Singgah Lombok juga sering mengadakan yasinan setiap malam jumatnya. Jadi jika kalian sedang berada disana jangan heran jika setiap malam jumat Bapak beserta keluarga dan teman teman disana melakukan yasinan ya. hehehe


Ok, sekian infomarsi tentang Tempat menginap gratis di Lombok,kalian wajib! Mengunjunginya.

Semoga apa yang usang bagi tentang Rumah Singgah Lombok bisa membantu teman teman semua.Jika ada kekurangan,tolong jangan ragu untuk mengkritik dan mengingatkan usang untuk merevisinya.Karena usang juga manusia yang sering khilaf dan pelupa hehehe.Semoga kita bisa bertemu di Rumah Singgah Lombok ya nanti.

12 comments:

  1. Replies
    1. gatau kebanyakan orang sekarang sudah langka melakukan blogwalking yang baik.
      tidak membaca dengan seksama,minimal mengapresiasi setiap orang yang menuangkan cerita dalam tulisan yang cukup panjang.

      Tapi kenyataanya banyak nyatanya yang mempersingkat dengan langsung menscroll kebawah dan hanya sekedar meninggalakan jejak agar mendapatkan umpan balik seperti goks,mantap,keren,bagus,sedap,gils,top dan masih banyak perkatan pendek yang lainya.
      harus di ingat,semua menulis penuh dengan perasaan dan kecintaan untuk membagi pengalamanan yang pernah dialami

      bagaimana kalau kalian mengalami hal yang serupa,pasti sedih seperti apa yang usang alami.jadi tolong berusaha menghargai karya orang dengan membaca terlebih dahulu dan memahami isi cerita baru meninggalkan komentar yang baik dan membangun.

      sesama pengguna blog selayaknya mengerti,jika cerdas pasti akan mengerti.
      akibat setelah membaca notifikasi komentar di blog hanya itu itu saja yang muncul

      bagaimana? kalian setuju dengan apa yang saya curhatkan?
      sekian dan terima kasih

      Delete
  2. .::. Lugas dan mengalir hangat uraian rumah singgahnya,jadi selalu semangaat meladeni para kangmas & mbakyu dari seluruh penjuru negeri,lanjuutkan mas Joe,hohoho .::.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo semangat kang mas iyus.
      semangat buat jalan menunjukan keindahan di Lombok ya

      Delete
  3. Rumah singgah Lombok
    Kopi, persahabatan dan kenangan
    Btw saya suka dengan logo baru nya ransel usang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah kayaknya penuh banyak kenangan ni hehe
      usang terima kasih,gambarnya ala kadarnya kok kak :)
      sampai bertemu di perjalanan selanjutnya

      Delete
  4. Kalo saya mau naik ke Rinjani bisa ini nginep di sini, dekat lagi ke bandara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa bang,sangat membantu sekali keberadaan rumah singgah buat teman teman
      sampai ketemu disana ya

      Delete
  5. Saya baru tahu setelah datang ke Lombok xD
    tahu begini mampir kesini lah. Selain ada tempat, waktu itu juga masih lumayan minim pengetahuan ttg apa aja yg worth utk dikunjungi.

    Dengan ini, semoga akan datang lagi kesempatan bisa ke Lombok....amin xD

    Belum ke daerah Sembalun/dataran tingginya soalnya. Saya dengar banyak juga air terjun di Lombok yang keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mugkin pas ke lombok ga sempet karena keburu, lain kali kalo ke lombok sempetin mampir biar bisa ketemu sama temen temen dari berbagai daerah dan berbagai pengalaman traveling :)

      Delete
  6. Saya terharu membacanya,, sungguh menginspirasi, semoga bisa berkunjung ke rumah singgah suatu saat😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, semoga di beri kesempatan untuk berkunjung ke lombok dan ke rumah singgah ya
      terima kasih sudah berkunjung
      salam kenal :)

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.