Tips Memilih Teman Perjalanan




Kali ini akan ada beberapa Tips  tentang Memilih Teman Perjalanan.Memilih teman perjalanan bukan perkara mudah dengan sembarangan atau asal pilih pasangan.
karena teman perjalanan menentukan cerita perjalanan kita  seperti bagaimana mood kita selama berlibur bersama.Meskipun ada beberapa orang yang dengan mudah bisa menyatu dengan berbagai orang.Karena setiap orang memiliki sifat,karakter dan watak yang berbeda beda.Untuk memilih teman perjalanan bisa dibilang susah susah gampang sebenarnya.

untuk memilih teman yang pas mungkin bisa dari :


1. Mempunyai Tujuan yang sama

Yang terpenting adalah mempunyai tujuan yang sama.Mau ke pantai, ke gunung atau kuliner atau mungkin sekedar keliling kota.Hal ini menentukan untuk menyusun intenary perjalanan yang sesuai.Karena dengan tujuan yang sama,kita bisa menikmati dan bisa juga mendapatkan cerita perjalanan dengan hal hal yang tak terduga.



Kita harus pandai ketika menyesuaikan teman perjalanan dengan tujuan.
Misalkan tujuan kita harus tracking,jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan harus sama sama kalian sepakati.Kita bisa memilih teman yang suka dan kuat jalan dan tentunya kalian bisa saling menutupi dan melengkapi ketika sedang berjalan.
Jika tujuan ingin pergi ke pantai tentunya kita akan memilih
teman yang juga menyukai pantai.Bermain air dan basah basahan,menjemur badan,bermalas malasan di Hammock,berenang ataupun snorkling hingga diving jika memang sama sama bisa melakukanya.
Jika tujuan kita akan mendaki gunung,kita juga bisa memilih teman yang sudah punya pengalaman tentang pendakian dan bisa suvive di alam bebas.
Jika kita tidak menyesuaikan bisa jadi kita akan mendapatkan perjalanan yang tidak menyenangkan,tetapi semua itu akan di kembalikan lagi kepada setiap individu masing-masing.
Karena perjalanan bersifat individual dan mempunyai cerita tersendiri.



2. Aturan Dilarang Manja

Siapapun akan meradang apabila mempunyai teman perjalanan yang manja dan tidak bisa mengkondisikan tempat dan kejadian pada waktu tertentu.Pasti kalian akan merasa jengkel dan pada saat itu juga mood kalian akan turun drastis.Bisa bisa sepanjang perjalanan kalian tidak bisa menikmatinya.



Pasti dari kalian pernah mengalami seperti kata kata berikut ini :

“kok tempat kotor sih?”
“kok jalanya rusak sih?”
“capek jalan kaki terus”
“Aduh! panas banget”
“kamar mandinya jorok! gimana mau mandi?”
“ah WC nya kok kotor sih?, gimana dong?”

sadarlah! ini bukan rumah,jadi tolong jangan disamain rumah atau penginapan yang bagus di kota kota besar.
Jika kalian punya teman perjalanan manja dan ngeluh seperti perumpaan diatas,siap siap saja liburan kalian gagal menemukan kebahagiaan.
Kenapa dibilang gagal? karena hal seperti diatas yang bisa membuat mood kita turun.karena liburan tidak selalu mengunjungi tempat yang nyaman dan fasilitas serba ada.Apalagi kalau pas sama sama capek,pasti dengan mudah kita emosi atau mood turun banget.






Apalagi masalah yang dibuat karena dia sendiri dan menjadi masalah bersama, seperti dia tidak mau buang air di toilet karena jorok.Terkadang kita harus bisa menyesuaikan keadaan ketika kita sedang travelling.Karena perjalanan  bisa membuat kita untuk keluar dari zona nyaman hidup kita sendiri.Jangan sampai menuntut dan menganggap seperti keadaan yang  biasa kita rasakan setiap hari.




3. Saling mengetauhi sifat Teman perjalanan

Sahabat,teman dekat atau orang yang  sudah kita ketahui sedikit tentang wataknya.Seperti sifatnya asik atau membosankan,lebih manja,pemalas ataupun bijak,atau yang sudah cocok.Jangan mendahulukan EGO masing masing demi perjalaan yang kalian inginkan.Terkadang di dalam perjalanan watak aslinya akan muncul,dan kita bisa langsung mengetahui lebih jauh mengenal dia.


Usahakan di setiap tempat atau ketika suasana sedang nyaman dan santai kalian pelajari waktak dan karakternya.Saling terbuka bisa menjadi kunci untuk perjalanan kalian tetap kompak dan tentunya bisa menjadi teman perjalanan seumur hidup.hahahaha nikah dong berarti


4.Santai dan ga Ribet

sering kali pada saat traveling keadannya tidak seperti yang kita harapkan dan hal yang tak terduga.Terkadang berbeda jauh dari intenary yang sudah kita buat. Mulai dari bangun kesiangan,ketinggalan kereta,kapal,jadwal bus yang molor,tidak adanya kapal yang berlayar karena cuaca buruk,galan pesawat atau mengalami macet saat menuju bandara.Semua bisa terjadi dan kita alami kapanpun itu.




Disini kita dan teman perjalanan harus bisa bersifat fleksibel dan harus bisa mengontrol mood masing masing.jangan sampai ada yang merusak mood dan malah memilih untuk jalan sendiri atau yang parah memilih puang sendiri ke kota
asal.Seandainya memang ada tujuan utama yang tidak bisa di kunjungi,kita harus bisa menentukan dan memilih yang paling kita prioritaskan.




5.Mempunyai Keahlian Memotret

Yang terakhir ini sebenarnya tidak terlalu penting,hanya saja disaat tertentu baru kita merasakan nya.Biasanya hal yang paling menyedihkan jika sedang traveling tapi malah sering foto pakai tripod,pasti ribet kan?.hahahah nasib amat



Mempunyai  teman perjalanan yang ahli dalam fotografi adalah sebuah keberuntungan.Sebab banyak foto kita selama liburan diambil dengan hasil yang bagus dan sangat memuaskan,baik dari angle nya ataupun kualitasnya.Karena seringkali moment bagus yang terjadi pada saat itu tidak bisa di ulang lagi.Jadi kalian bisa membayangkan jika momen berharga tidak bisa di abadikan bukan? pasti kalian akan menyesal karena sudah datang jauh jauh dan mengeluarkan biaya yang cukup menguras kantong bahkan tabungan buat nikah.hehe



Beberapa penjelasan di atas tidak menjadi patokan untuk menentukan tidak adanya masalah yang akan terjadi,semua bisa terjadi tanpa kalian inginkan atau harapkan.Jadi semua tergantung dari kalian memilih dan menjaga hubungan dengan teman perjalanan kalian.

karena perjalanan adalah sebuah proses pelajaran untuk mengenali diri sendiri dan sekitar.Ketika kalian menemukan masalah dan ada perselisihan dengan tema perjalanan,sebaiknya kalian menjauh dulu untuk beberapa saat.Agar dari masing masing bisa mengontrol emosinya hingga reda.Ada kalanya emosi akan turun dan rasa rindu tentang perjalanan kalian.
Setelah semua reda,usahakanlah kalian meminta maaf terlebih dahulu agar suasana kembali normal dan santai.Karena saling toleransi bisa membuat perjalanan kalian semakin nyaman dan mempunyai cerita yang menarik untuk di kenang.

Terima kasih sudah membaca tentang Tips memilih teman perjalanan.

Jangan lupa untuk like,comment,atau follow ya buat mengikuti cerita perjalananku yang terkadang suka tidak penting dalam pembahasanya.
Terima Kasih
instagram : @ranselusang
facebook : ransel usang

No comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.