Mengenal Wat Arun, Kuil Megah di Bangkok Yang Harus Kamu Kunjungi




sumber:wikipedia.org


Diantara puluhan ribu kuil yang ada di Thailand, Wat Arun adalah salah satu yang harus kamu datangi. Kuil yang menyimpan banyak sejarah ini berada di pusat kota Bangkok, tak jauh dari Grand Palace, tempat tinggal para keluarga kerajaan Thailand.

Kuil yang juga dikenal dengan nama Temple of Dawn ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Namanya pun diambil dari bahasa India, Aruna yang merupakan Dewa Fajar di India. Dan Kuil ini memang sangat indah ketika matahari baru saja menyingsing di ufuk timur, karenanya dinamakan Temple of a Dawn.

Wat Arun dibangun pada masa kepemimpinan Raja Rama III, sekitar tahun 1824 – 1851 M. Raja Rama III pula lah yang mendekorasi Wat Arun dengan porselen, sehingga memancarkan sinar berkilauan ketika tertimpa sinar matahari.

Bagai Mutiara

Sumber : lifepart2.com


Wat Arun adalah satu-satunya Kuil Buddha di Thailand yang memiliki cahaya berkilauan ketika ditimpa sinar matahari di pagi hari. Tepatnya ketika matahari menyingsing, sisi Timur Kuil ini yang dilapisi oleh pualam cantik memancarkan sinar mentari dengan indahnya. Jika merunut pada namanya, momen paling sempurna untuk mengunjungi Wat Arun Bangkok adalah waktu subuh.

Meski demikian, Wat Arun baru dibuka untuk umum pada pukul 08.00 pagi sampai 17.30 sore. Jika kamu ingin melihat keindahan tempat wisata di Bangkok ini pada pagi hari, bisa memandangnya dari luar kuil. Dan baru menjelajah ke dalamnya setelah dibuka.

Dibuat Berdasarkan Kosmologi Gunung Meru

Bentuk Wat Arun yang seperti sekarang ini bukan hanya sekedar desain biasa. Melainkan sebu
ah perwujudan dari rasa hormat pada Gunung Meru, sebuah simbol dalam mitologi Hindu. Ya, Kuil ini memang Kuil Buddha, namun dibangun dengan mengusung tema Hindu India.

Sensasi Menyeberang Sungai

Sumber :npmeet.com


Wat Arun ada di sisi yang berseberangan dengan Grand Palace, dan biasanya para wisatawan lebih banyak yang menginap di sisi sungai yang dekat dengan Istana Kerajaan Thailand itu. Sebenarnya bisa menuju Wat Arun dengan menyeberang jembatan, namun harus memutar jauh. Karenanya, banyak wisatawan yang memilih untuk menyeberang menggunakan perahu dan justru di sinilah letak sensasinya.

Dari sisi Grand Palace, menyeberang Sungai Chao Phraya ke Wat Arun tidaklah lama. Kuilnya pun sudah Nampak dari kejauhan. Tapi sensasinya sangat menyenangkan. Patut untuk dicoba ketika liburan ke Bangkok.

Biaya Masuk

Untuk masuk ke dalam kuil Wat Arun, kamu bakal dikenakan biaya sekitar 50 baht. Murah saja kalau dikurskan ke rupiah. Dengan biaya sebesar itu, kamu bisa menjelajah bagian dalam Wat Arun, bahkan bisa naik sampai ke puncaknya.

Pakai Baju Rapi

Sumber:piccdata.com



Kamu harus mengenakan pakaian yang rapi dan sopan kalau berkunjung ke Kuil di Thailand. Tidak hanya Wat Arun, tapi juga semua Kuil yang ada disana. Bukan yang formal, namun dilarang memakai pakaian seperti tank top atau hot pants selama di Kuil. Jadi lebih baik pakai baju yang berlengan dan celana panjang kalau memang ingin menjelajah Kuil Wat Arun.

Siapkan Stamina

Mendaki Wat Arun bukan hal yang mudah, karena bangunannya cukup tinggi. Karena itulah persiapkan fisik dengan baik sebelum menuju ke sana. Karena tidak akan puas menjelajah Wat Arun tanpa naik ke atas puncaknya.

Sudah siap untuk liburan ke Wat Arun? Pastikan Kuil ini jadi salah satu destinasimu selama liburan di Bangkok ya.


4 comments:

  1. Keren banget ya. Pengen ke sini buat motret.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak tempatnya keren, bisa dapat pengalaman menarik disini

      Delete
  2. Tahun kemaren gak bisa ke sini karena lagi renovasi huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang banget kak ga kesampaian, semoga punya alasan lagi buat kesana ya :)

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.