Objek Wisata Batu dinding wajib di kunjungi jika berlibur ke Kalimantan Timur


Batu dinding ? Tempat apa itu ? Dimana ? Emang ada ya ? Beberapa pertanyaan teman - teman bertanya kepadaku saat aku menceritakan kunjunganku ke wisata satu ini. Beberapa waktu lalu aku mengunjungi Batu Dinding bersama teman - teman travel blogger dari Jakarta. Kami berangkat dari Balikpapan dengan menempuh jarak kurang lebih 55 Kilometer.

Walau panas tapi tetap semangat


Objek wisata Batu Dinding ini terletak di desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai kartanegara, Kalimantan Timur. Menyusuri jalan Soekarno Hatta dan tepat berapa di Kilometer 45, kami memasuki gapura yang berada di sebelah kiri. Gapura tersebut sebagai pintu masuk menuju area wisata Batu Dinding. Harus jeli melihat, karena gapura terlihat sepeti gapura pada umumnya.

Batu yang menyerupai diding raksasa



Sekitar 2 kilometer jalan beraspal lalu berubah jalan berbatu, sempit dan berkelak - kelok seperti ular. Namun perjalanan kami sempat terhenti di tengah - tengah, karena mobil yang kami kendarai tidak mampu masuk dan menembus medan jalan yang cukup menyulitkan sopir dan mobil. Terpaksa kami menggunakan jasa ojek dari warga dan mengantarkan kami satu persatu hingga jalur menuju ke atas Batu Dinding.

Poto nampak depan by @nickosilfido


Sesampainya di dekat pintu masuk, terlihat batuan Karst yang menjulang tinggi, mungkin sekitar 100 meter lebih tingginya dan mempunya panjang sekitar 150 meter. Perjalanan trekking sekitar 20 menit hingga mencapai atas.

Lokasi Wisata Batu Dinding ternyata masih masuk dalam kawasan Taman Hutan rakyat Bukit Soeharto, tapi kenapa nama di desanya Bukit Merdeka ? Pertanyaan itu sempat terlintas di dalam pikiranku sebelum kami berjalan.

Pemandangan indah yang tersaji bikin gamau pindah


Sedangkan lokasi wisata Batu dinding ini terbilang kasih cukup asri. Suasananya bisa menggambarkan alam hutan Kalimantan. Ya walau tercemar beberapa Vandalisme sudah banyak terlihat di beberapa batu. Itu bukti beberapa pengunjung yang tidak bertanggung jawab untuk turut menjaga kawasan wisata.


Jalan setapak kami lalui diantara bebatuan yang menghimpit. Ada juga anak tangga yang sudah di bangun untuk memudahkan pengunjung untuk sampai diatas dan menikmati alam yang begitu indah.

Biasanya di Batu Dinding ini di kunjungi untuk menikmati Sunrise dan pengunjung paling banyak saat weekend. Kebetulan kami datang matahari sudah naik dan bukan akhir pekan. Jadi sepi dan hanya kami yang menikmatinya.

Walau tidak mendapatkan sunrise, kami tidak menyesal dan kecewa. Karena pemandangan yang disajikan di wisata Batu Dinding benar - benar indah. Dan sayang sekali jika berkunjung ke Kalimantan Timur jika menyempatkan datang dan melihat langsung keindahannya.

Beberapa informasi kudapat, pemerintah dari dinas pariwisata Kutai Kartanegara menyatakan bahwa objek Wisata Batu Dinding akan dimasukan dalam kategori pariwisata forestry daerah. Di Kutai Kartanegada memang memiliki banyak potensi wisata, sehingga perlu rencana yang baik dan warga dilibatkan serta di edukasi dalam penanganan dan menjaganya.

4 comments:

  1. mas infonya dong,apa disana ada semacam tepat nginap? dan satu lagi untuk sampe kesinikan perlu jalan kaki, kalau boleh tahu apa ada penunjuk jalan menuju ke dinding batu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat menginap yang enak ada di kota balikpapan bang, untuk sampai disana berjalanan kaki dan ada penunjuk jalan terlihat kok

      Delete
  2. kereeen ... mulai terkuak keindahan hutan di Samboja...,
    batunya ngeri2 seram untuk naik sampai ke puncaknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mulai bisa di lihat dan dinikmati semua orang kak, ga seram kok cuma keliatan di foto aja hehe

      Delete

Powered by Blogger.