Berlibur 3 Hari di Lombok bisa kemana Aja ?




Beberapa kali banyak yang bertanya berlibur di Lombok apakah Mahal ? bisa kemana aja ? naik apa enaknya ? apakah aman ? pertanyaan Klise selalu menghantui. Baik dari pesan singkat atau dari pesan yang muncul di sosial media.

Siapa yang tidak tergiur untuk berlibur ke Lombok dengan segala pesona dan keeksotisan nya ? apalagi bisa liburan dengan hemat ditambah keterbatasan waktu. Semua ingin memanfaatkan waktu semaksimal mungkin bukan ?. Baiklah kali ini aku mencoba berbagi beberapa informasi yang barangkali bisa berguna buat teman - teman yang ingin berkunjung ke Lombok yang mempunyai waktu singkat 2 sampai 3 hari.

Jika kedatangan kalian menggunakan Kapal Ferry dari arah pelabuhan Padang Bai, Bali, kalian bisa menggunakan angkot menuju kota Mataram dan menuju Penginapan sekitar Rp 50.000/orang. Sedangkan kedatangan kalian melalui Bandara International Lombok (BIL) kalian bisa menggunakan DAMRI sekitar Rp30.000/orang menuju Kota Mataram.

Di Mataram sendiri banyak terdapat hotel cukup bersahabat dengan kantong. Jadi tinggal mencari saja di internet atau layanan penyedia reservasi hotel. Kenapa Mataram ? karena di mataram lokasi berada di tengah - tengah antara tempat wisata atau lebih dekat menuju ke pelabuhan dan bandara. Kemudian kalian bisa menyewa motor di kawasan Cakranegara, harga sewa perharinya sekitar Rp75.000/hari. jika kesulitan mencari penyewaan motor di Mataram kalian juga bisa mencarinya di daerah Senggigi dengan jaminan KTP. mudah bukan ?.

Hari Pertama

Dimulai pagi hari setelah sarapan kalian bisa pergi mengunjungi wilayah Lombok Tengah di mulai dari Desa Adat Wisata Sade, yang memberikan gambaran kehidupan warga lokal dan adat istiadatnya.

Desa Adat Sade



kemudian berlanjut menuju pantai selongbelanak, disana kalian bisa melihat segerombolan kerbau berjalanan di pantai (jika beruntung) atau yang ingin merasakan berselancar bersama ombak disana juga menyewakan papan selancar.

Pantai Selongbelanak


Setelah itu kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Mawun. Pantai yang relatif sepi, tenang dan cocok jika kalian ingin menikmati tanpa banyak wisatawan. Ditambah Pasir pantainya sebesar merica, unik banget kan.

Pantai Mawun


Kemudian dilanjutkan menuju ke Pantai Seger, kondisi di pantai seger cukup sepi, pantai ini juga cocok dijadikan tempat bersantai, karena cukup sepi jadi kalian bisa tenang ketika sedang menimati keindahan Pantai Seger.

Pantai Tanjung Aan


Selanjutnya menuju ke Pantai Tanjung Aan, hamparan pasir putih yang begitu lembut dan air yang tenang. Kemudian dilanjutkan menikmati Sunset di atas bukit Merese yang begitu syahdu. Menjadi penutup perjalanan yang indah.

Sunset di Bukit Merese



Hari Kedua

Perjalanan hari kedua menuju ke Lombok Timur dengan tujuan desa Sembalun. Perjalanan kurang lebih memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Tujuan pertama menuju Bukit Selong, hamparan kebun sayur dan strowberry bisa langsung memanjakan mata. Kemudian menuju ke Air terjun Mangku Sakti. perjalanan kira - kira 1,5 jam jika berjalan kaki menuju air terjun. Bisa juga langsung masuk menggunakan motor

Bukit Selong photo dari abang kece @ucokashar



Air terjun Mangku Sakti


Dari Mangku Sakti bisa juga mengunjungi Mangku Kodeq yang berada tidak jauh di bawahnya. Kemudian perjalanan di lanjutkan menuju desa Senaru untuk menginap. Di Senaru Sendiri terdapat berbagai pilihan menginap jadi di kondisikan dengan budget untuk penginapan. Ada opsi jika kalian lebih memilih bukit pergasingan, otomatis tidak mempunyai waktu untuk berkunjung air terjun Mangku Sakti.

Sunrise di Bukit Pergasingan


Dari penginapan kalian bisa menuju loket wisata air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, biaya untuk turis lokal relatif murah kok. Dari jarak cukup memakan waktu sekitar 45 menit menuju ke air terjun Tiu Kelep. Sedangkan untuk air terjun Sendang Gile lebih cepat. Usahakan berangkat atau datang lebih awal, karena kondisi air terjun masih belum ramai pengunjung dan kalian bisa menikmatinya sangat puas.

Air Terjun Tiu Kelep


Setelah bermain basah - basahan di air terjun, kalian bisa kembali menuju ke daerah sekitar Senggigi untuk menikmati sunset. Untuk spot favorit aku melepas matahari terbenam biasa berada di Vila Hantu. Cukup membayar tiket parkir kalian bisa menikmati sunset yang menenangkan jiwa. Jika beruntung, kalian bisa melihat Gunung Agung  saat matahari mulai turun.

Menikmati Sunset di Villa Hantu


Bagaimana ? bisa dapat banyak tempat kan selama 3 hari berlibur di Lombok ?. Sekaligus tanpa sadar dalam kurun waktu 3 hari kalian sudah berkeliling pulau Lombok. Mulai dari barat, tengah, timur, dan utara. Seru banget kan. Semoga informasi ini bisa membantu teman - teman yang ingin berlibur dengan waktu terbatas namun memdapat berbagai destinasi yang indah di Lombok.



16 comments:

  1. Menurut saia kalau ke Lombok tapi nggak mendaki Rinjani tu kayak ada yang kurang.. haha
    Tapi emang destinasi-destinasi wisata di Lombok keren-keren..

    Btw, baru tau kalo di Selong Belanak tu bisa lihat gerombolan sapi..
    Itu biasanya jam berapa ya supaya bisa lihat gerombolan sapinya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain lagi ceritanya kalo rinjani? Bagi yang mempunyai waktu sedikit dan biaya terbatas sangat tidak mungkin. Bisa jadi kunjungan berikutnya baru bisa naik rinjani :)

      Delete
  2. Terimakasih yaa udah nyusun itinerary-ku wkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Goodluck ya buat explore lomboknya nanti, kalo pulanh kasih oleh oleh lo ya :D

      Delete
  3. Udah ke Tanjung Aan......eh ternyata dekat dengan Mawun dan Selongbelanak.

    Harus ke Lombok lagi sepertinya /bertekad kuat!/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus balik lagi, bair penasaranya hilang kak :)

      Delete
  4. Kampung Sade dan Pantai Mawun udah, sisanya belom ahaha..

    Keren2 amat sih Lombok. Pengen ke bukit pergasingan deh..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada PR unuk lombok bang, tinggal diatur tanggalnya

      Delete
  5. Jadi kangen Lombok. Kemaren kurang lamaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo bentar lagi liburan datang, di atur dulu yuk buat kelomblk lagi :)

      Delete
  6. Aaaaaaa, udah dibuatin itinerary, jadi tinggal berangkat doang. Thank you Kak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kak, semoga info tentang lombok bisa bermanfaat :)

      Delete
  7. Ya ampuuun itu yg bukit pergasingan keren bangettttt. Kalo ke lombok, aku pgn ke air terjun2 nya mas. Kalo pantai aku ga tertarij, krn emg ga suka pantai :p. Tp air terjun ato daerah bukit, aku seneng, krn sejuk :) . Pemandangan juga jauuh lbh cakep kalo diliat dr ketinggian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main ke bumit bukit dan air terjun juga bisa jadi opsi buat berlibur di lombok kak. Jadi ga ke pantai mulu :)

      Delete

Powered by Blogger.