Pantai Balekambang ; Wisata Senja terbaik di kota Malang


Senja begitu misterius namun siapa saja akan menangkap pesan kedamaian dan ketenangan di setiap sinarnya yang menghangatkan jiwa - jiwa kegundahan. Begitu juga aku dan teman - teman blogger bersama @pesonaid_travel sebagai perwakilan @kemenpar dalam kegiatan #FamtripWithPesona merasakan sesuatu yang berbeda saat berkunjung dan menikmati senja di pantai Balekambang beberapa waktu lalu.


Pantai Balekambang sendiri tak terlalu jauh lokasinya dari deretan pantai yang tersebar di pesisir Malang Selatan. Sekitar 15 menit kami sudah masuk kawasan pantai Balekambang. Sebelumnya kami sudah bertatap muka langsung dengan Pantai Teluk Asmoro. Dari pintu masuk, kami disuguhkan kanan dan kiri pohon buah Salak tersusun rapi di sepanjang jalan. Kemudian dari kejauhan hamparan air laut dan deburan ombak menyambut saat mobil mulai memasuki kawasan Pantai Balekambang.


Pantai Balekambang mirip dengan Tanah Lot di Bali



Semerbak aroma pantai mulai bisa kuhendus dari sela - sela kaca mobil. Semburat langit jingga, lantunan suara dari deburan ombak, pasir putih terhampar, dan keceriaan pengunjung menambah sambutan kepada kami saat mobil telah sempurna posisinya di area parkir. Menurutku dan beberapa pengunjung, pantai Balekambang menjadi salah satu pantai yang indah dan populer di Malang.

Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Malang maupun luar daerah untuk menghabiskan liburan di akhir pekan. Apalagi dengan senja yang indah membuat siapapun akan dibuat takjub atas keindahan nya. Dan di pantai Balekambang sendiri mempunyai keunikan dan ciri khas dari pantai - pantai yang ada di Malang. Seperti adanya pura yang terdapat di pantai Balekambang membuat pantai ini sering di samakan dengan Tanah Lot di Bali


Mobil sudah berada di area parkir, satu persatu dari kami mulai turun dan menuju ke bibir pantai. Aku sendiri masih tersita, pandanganku tak lepas dari arah pura yang memberi sentuhan tenang dan damai. Disisi kanan terlihat semburat warna kejinggaan di langit membuat aku langsung jatuh cinta dengan pantai ini.


Senja terekam jelas oleh @nana1704



Sedikit aku menggeser tempat dan berjalan menuju arah jembatan. Di bawah jembatan penghubung pura dan daratan seberang, aku mencoba menyentuh air tawar yang mengalir ke pantai. Begitu segar dan dingin saat kuminum beberapa teguk. 

Aku mencoba mengubah arah pandanganku dan benar – benar mengamati sekliling. Ternyata di pantai Balekambang ada 3 pulau tersusun, membuat nilai plus keindahan di pantai Balekambang. Setelah kucari tahu dan bertanya kepada salah satu warga disana, ke- 3 pulau tersebut meempunyai nama pulau Ismoyo, pulau Wisanggeni, dan pulau Anoman. Di pulau Ismoyo terdapat pura dan nama pura tersebut adalah Pura Amerta Jati. 

Selain itu, ternyata pantai Balekambang menjadi wisata religi di hari – hari tertentu. Karena banyak sekali pengunjung wisata melakukan ziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil pada 1 Sya’ban. Konon tokoh tersebut yang pertama kali membersihkan hutan di kawasan pantai Balekambang. Para umat Hindu yang berada di dekat pantai Balekambang juga sering menggunakannya sebagai tempat beribadah utama setiap hari raya Nyepi. 

Matahari mulai capat bergerak menuju batas cakrawala. Langit semakin berwana merah kejinggaan dan hari semakin meredup. Disaat – saat seperti ini membuat kami semakin menikmati keindahan senja di pantai Balekambang. Kedekatan semakin terjalin antara aku dan teman – teman lainya.


Bersama melepas senja


Angin mulai berhembus dan hawa dingin memeluk sekujur badan kami. Dan pelepasan senja berganti malam telah usai, kami menyempatkan beristirahat di salah satu rumah makan dan menikmati kelapa muda untuk menuntaskan sisa – sisa keindahan di pantai Balekambang. 

Di sekitar pantai Balekambang juga terdapat deretan warung dan beberapa toko yang menjajakan oleh – oleh khas pantai. Selain itu juga terdapat penginapan bernama Bamboo dengan biaya cukup terjangkau sekitar Rp 200.000 perharinya. ( setelah aku bertanya bapak pengelola saat berada di musholla sekitar pantai )

Menangkap detik senja terakhir di pantai Balekambang 


Bagi kalian yang ingin berkunjung ke pantai Balekambang, kalian bisa menuju ke desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, jawa Timur. Sedangkan untuk biaya tiket masuk ke kawasan pantai Balekambang sekitar Rp 15.000 perorang. Keindahan pantai Balekambang bisa di nikmati dengan segala pesonanya. Setelah selesai membersihkan badan dari pasir pantai dan menyantap kelapa muda, kami kembali menuju kota untuk segera beristirahat dan menikmati sisa – sisa keindahan pantai Balekambang sebelum melanjutkan perjalanan kembali esok hari. 

8 comments:

  1. Saat itu saya datang pada pagi hari, ombaknya ganas sekali--tipikal pantai selatan.

    Namun ketika senja, saya cukup terkesan.....ya seperti yang terceritakan dalam foto, bibir pantai menjauh sekali dibanding pagi hari, ombaknya pun berubah menjadi sangat sopan. Saya setuju, Pantai Balekambang merupakan spot senja terbaik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak kalo masih pagi sampai siang ombaknya masih agak kenceng, tapi momen saat senja paling damai dan terindah deh. apalagi kalo dinikmati sama orang orang terdekat pasti makin syahdu :D

      Delete
  2. Dua tahun lalu gagal ke sini, dan masih pengen main ke sini. Semoga ada waktu mlipir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga kok bisa gagal bang ? pasti ada alasan lagi buat berkunjung ke pantai balekambang

      Delete
  3. Keren banget nih. Btw, saya sangat suka melihat senja. Kek berasa adem aja. Hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget senja bisa menenangkan hati dan pikiran. apalagi kalo ada kerjaan numpuk dan pusing, nah menikmati sunset adalah obatnya

      Delete
  4. Postingannya bikin pengen travelling ke Malang lagi..

    Sebelumnya kalau ke Malang pasti tujuannya sekalian pendakian; entah itu ke Mahameru atau ke gunung-gunung lain..
    Ternyata masih banyak juga y destinasi andalan lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sayang sekali habis mendaki ga semept buat explore sekitar malang, seandainya ada kesempatan lagi cobain ya kak

      Delete

Powered by Blogger.