Ternyata ini 4 Surga Tersembunyi di Pulau Seram Maluku


Tehoru, semua akan nampak asing jika mendengar atau menerka - nerka dimana daerah itu. Bagi yang sudah tahu akan bisa memahami tempat yang akan ku ceritakan ini. Mereka yang tidak tahu akan kesulitan mencari info tentangnya. Tenang setelah ini akan kucoba tuliskan sebaik - baiknya. Baiklah langsung saja aku mencoba menceritakannya sekarang tanpa berbasa - basi lagi

Air Panas Tehoru 

Air panas Tehoru atau masyarakat lokal menyebut " air mandidih Papanatolu" merupakan air panas alami yang terletak di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Masohi, Provinsi Maluku. Untuk menjangkau sumber air panas ini tidaklah cukup sulit, mempunyai jarak sekitar 2Km dari pusat desa, kalian bisa menempuhnya dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 30 menit. Masyarakat sekitar sekitar memanfaatkan sumber air panas sebagai sarana untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau penyakit kulit.


Mempunyai suhu air yang sangat panas untuk berendam, air panas juga sering di gunakan untuk merebus telur. Selain menikmati air panas, kalian akan disuguhkan lanskap bebatuan serta air yang mengalir ke tempat seperti kolam yang semakin membuat orang betah berlama - lama.
Air Jodoh Ninifala

Air ninifala atau yang paling sering disebut air jodoh oleh masyarakat setempat sekitar merupakan sebuah telaga/danau yang terletak di desa Piliana kaki Gunung Binaiya, Kecamatan Tehoru, Kota Masohi, Seram, Maluku Tengah. Menurut masyarakat setempat, telaga ini terbentuk secara alami. Di percaya sebagai air jodoh yang di simbolkan melalui dua pohon yang tumbuh di tengah - tengah telaga. Mempunyai air biru tosca semakin menambah daya tarik dan keindahannya. 
Keunikannya lagi, di air kodoh ini terdapat gelmbung - gelembung air dari dalam seperti mendidih. Namun jika sudah menyentuh air maka terasa dingin dan segar. Ternyata kejadian tersebut di sebabkan sumber mata air keluar diantar sela - sela batu, jadi menimbulkan gelembung seperti air mendidih.


Konon menurut cerita setempat, dua pohon tersebut berada di tengah aliran mata air merupakan sepasang kekasih yang berubah menjadi pohon. Dan mitosnya pun jika orang yang mandi di mata iar ini akan langsung mendapat jodoh. Namun orang tersebut harus meninggakan baju yang dipakainya mandi di mata air tersebut. Kemudian dilarang mengucap kata - kata kotor karena diyakini leluhur di air tersebut merasa terganggu dan bisa menyebabkan anda mengalami musibah.

Untuk mencapai Air Jodoh Ninifala bisa di tempuh dengan jalan darat. Dari Ambon menuju Masohi menggunakan kapal cepat kurang lebih sekitar 3 jam. Di lanjutkan perjalanan menuju Tehoru dengan mobil sekitar 3 jam. Lalu dari Tehoru kurang lebih 1 jam menuju Desa piliana dan melintasi beberapa aliran sungai yang cukup besar.
A post shared by PERANTAU (@ranselusang) on

Pantai Tehoru

Pantai di Tehoru adalah tempat favorit bagiku sendiri tentunya. Bagaimana tidak, mempunyai teluk dan perairan tenang, pasir hitam yang lembut, bebatuan lempeng yang unik dan di suguhkan dengan lanskap Gunung Binaiya. Lokasinya berapa tepat di pesisir desa jadi tidak perlu jauh - jauh untuk menikmati ketenangan dan keindahan alam nya. Siapa saja pasti akan betah berlama - lama di sini, baik menikmati sunrise atau sunset tak jauh berbeda.




Danau Tebing Makariki

Tak banyak para wisatawan yang datang ke Danau Tebing Makariki. Mungkin karena terbatasnya informasi yang masih belum banyak beredar di media sosial atau internet. Padahal jika di perhatikan, pemandangan dan kondisi di sekitar Danau Tebing Mariki begitu mempesona. Pohon tumbuh lebat, udara segar, dan suasana menyejukkan di sekitar Danau Tebing Makariki dengan air yang berwana biru.

ketenangan Danau Tebing Makariki (source)
Lokasi berada di Desa Hatu, Kecamatan Tehoru, Seram, Maluku. Lokasi Danau Tebing Makariki cukup tersembunyi. Untuk mencapainya pun harus menempuh waktu sekitar 2 jam dan jarak sekitar 3Km dengan melewati berbagai jalur yang cukup menguras tenaga. Namun Semua akan terbayar jika sampai di kawasan Danau. Konon Suhu airnya disana sangat dingin sekali, jadi diusahakan membawa perlengkapan yang bisa membantu menghangatkan tubuh jika setelah bermain dan berenang di kawasan danau.

Mungkin beberapa destinasi ini bisa menggugah rasa penasaran kalian akan keindahan surga tersembunyi di Pulau Seram. Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang belum di kunjungi dan di tulis. Mungkin nanti akan aku lanjutkan ke postingan selanjutnya. Semoga informasi ini bisa berguna untuk kalian yang akan berlibur ke daerah Maluku, jadi kalian mempunyai opsi lebih untuk menentukannya.

Salam Lestari.




12 comments:

  1. Air ninifala unik banget.. Liatnya gimana gitu, surreal...

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya unik banget masih penasaran aja sama gelembung air yang keluar dari sumber, padahal debit air mengalir kebawahnya deras banget tapi ga surut surut

      Delete
  2. Danau tebing makariki lokasinya di desa hatu bukan laimu...di revisi katanya admin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak, maaf kalo pengetikan nya salah🙏🙏🙏🙏

      Delete
  3. Waduh, masih belum pede untuk backpacking ke Pulau Seram. Takut biayanya membengkak. Tapi boleh dijadikan referensi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat budget sepertinya relatif kak, tapi memang harus di hitung dengan detail biar ga terlantar nantinya

      Delete
  4. Punya teman yang berasal dari Maluku, tapi dia cerita gak tahu apa2 ttg wisata di sana, dan ya gak pernah main kemana2. Padahal yg sini udah mupeng banget kesana.

    Masalah sampah.....fiuh.....kemana2, hal ini yg paling sering bikin badmood lah. Suka gak habis pikir, ya Allah.....itu sampah dia sendiri. Yang kaya begini juga harus mengedukasi pihak pengelola sih, supaya jg mengedukasi wisatawannya. Biar sama2 ada kesadaran menjaga kbersihan lingkungan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin rumah temen nya jauh ya. Nanti kalo udah pulang disuruh main kesana boleh dong

      Kalo sampah itu klise banget tergantung pengelola dan wisatawanya aja lagi bagaimana menjaganya

      Delete
  5. Hoaaaaaa aku juga belum pernah tahu nih tempat-tempatnya... Thanks Jo, nanti balik ke Maluku aku mau ke sini xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo satya :)
      Ayo kapan lagi main ke maluku? Masak di papua mulu, ditunggu loh ya jalan barengnya

      Delete
  6. Namanya boleh seram, tp wisatanya ampuuun kebangetan indahnya yaaa... Gila, aku liat airnya sebiru itu bnr2 pengen nyemplung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo main kesini bawaan nya nyemplung kak, serius bikin nagih hehe

      Delete

Powered by Blogger.