Soto Ayam Istimewa Sartika Surabaya, Benarkah Rasanya Begitu Istimewa ?


Sempat bertanya - tanya saat tiba di kota SUrabaya aku hendak pergi kemana ?. Tak terbayang apa yang akan kulakukan saat malam hari. Beruntunglah salah seorang teman bisa membantu dan menjemputku. Dia Fitra atau sapaan akrabnya @debumalam di dunia maya.




Aku pun di tarik menuju Surabaya yang jaraknya tak begitu jauh untuk rehat sejenak di kediaman Fahmi. Sebagai ajang silahturahmi setelah beberapa bulan tidak berjumpa. Ketika sampai di rumah masih hanya ada mas Candra yang menyambut kedatangan kami. Beberapa menit Fitra mengajak keluar untuk makan malam. Ia berencana membawaku menuju ke sebuah rumah makan yang menyajikan menu makanan istimewa.




Kata Istimewa pun membuatku penasaran, seperti apakah kuliner yang akan kami santap. Fitra langsung mengeluarkan motor dan kami bergegas berangkat menuju rumah makan tersebut. Hanya butuh 5 menit untuk sampai di lokasi. Kupadangi tempat parkir yang berjejer motor menandakan kondisi sedang ramai. Pantas saja dia membawaku untuk makan malam disini batinku.


ramai pengunjung

Rumah makan yang buka 24 jam tersebut bernama Soto Ayam Sartika beralamatkan Jl. Brigjend Katamso, Waru, Surabaya. jika kalian bingung, bisa juga langsung mencari di Google Maps seperti di bawah ini.





Kami pun segera memesan, tak sengaja mataku terpaku melihat sebuah menu " Soto Istimewa " Serius?Hal itu membuatku penasaran dan ingin membuktikan keabsahan nama soto yang berlabel istimewa tersebut. Ternyata kami berdua memilih menu yang sama, karena sama - sama penasaran akan rasanya.







Setelah memesan kami memilih diluar, karena di dalam terlihat penuh sesak oleh pengunjung. Tak beberapa menit, 2 porsi Soto Ayam Istimewa datang ke meja kami. Mataku sempat terpaku melihat semangkuk Soto yang penuh dengan aneka isian itu. Benar - benar merayu dan membuat lapar di buatnya.


Sepiring nasi putih + Semangkuk Soto Ayam Istimewa telah tersaji di depan mata. Aku dan Fitra masih terheran - heran melihat tampilannya. Tak ingin membuang waktu, pertama - tama kucicipi kuah soto yang berwana kuning nan kental itu. Rasa pertama ketika masuk kedalam mulit, sangat gurih, tapi begitu lembut dan terasa padu antara bumbu, kesegaran jeruk nipis dan koya yang mengemasnya begitu sederhana.

Memang benar Istimewa!


Kemudian, ku sendok senjata andalan dari menu Soto Istimewa ini. Di dalam sangat banyak isian beraneka ragam. Mulai dari kuning telur, jeroan, hati, hingga beberapa isi perut yang tak kuketahui namanya. Saat kugigit, kuning telurnya tidaklah amis, dan langsung pecah didalam mulut kegurihannya. Kemudian beralih ke isian hati, begitu mudah kugigit dan nikmat banget saat dipadu dengan kuah.


Benar nama tak pernah membohongi rasa ujarku kepada Fitra. Kami berdua begitu lahap menyuap setiap sendokan dari Soto Ayam Istimewat. Jujur, walau aku tergolong mempunyai porsi banyak atau (kuli) hampir dibuat menyerah dengan isi soto yang begitu banyak. Namun berkat perjuangan akhirnya aku mampur menuntaskannya dan ditutup segelas Es Teh manis menjadi penanda perut kami telah kenyang.




Dari segi harga menurutku sangat ramah dikantong, baik pekerja kantoran bahkan para mahasiswa. Seporsi Soto Ayam Istimewa + Nasi di hargai Rp18.0000 di tambah segelas Es Teh manis Rp3.000 bisa mendapatkan kenikmatan yang benar Istimewa. Tak sia - sia aku menuruti ajakan Fitra untuk bertandang ke Soto Ayam Sartika dan membuktikan keistimewaan Soto Ayam Istimewa. Selain itu terdapat menu yang tak kalah lainya juga bisa di santap di sini.






Akhirnya kami berdua kembali pulang menuju rumah Fahmi. Sekaligus aku berpamitan untuk melanjutkan perjalananku ke Bandara yang hanya menyisakan beberapa menit terakhir. Namun aku masih beruntung dan bisa bertandang ke Sumba lagi.

17 comments:

  1. waduhhhhh artikelnya membuat air liur bercucuran deras...... terpaksa menghubungi rumah makan terdekat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah cobain berkunjung kesini mas ga ngiler gitu

      Delete
  2. Kalau isiannya lengkap begitu, harga 18k memang sesuai sih menurut saya.

    Tapi saya kurang jeli kali ya, sering ke Surabaya tapi belum pernah lihat warung ini heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku sih murah, beberapa kali nemu isian soto hampir kayak gini harganya malah lebih diatasnya huuuuu, atau akunya yang salah masuk hehe

      next time ke Sby kudu cobain ya :)

      Delete
  3. 18 ribu?
    Lumayan mahal kalau buat saya pribadi. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin ada yang bilang mahal mas, tapi dengan isian komplit kayak gitu dan dibanding dengan penjual dengan menu sama dia memiliki harga paling murah dan terenak kok.serius

      Delete
  4. Sluuuurrppppp

    Wadeuh jadi nguilerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. aws bang habis baca langsung laper loh ya

      Delete
  5. Aduh jadi laper nih hahaha,
    tapi untuk sekelas soto di tempat makan yang terlihat biasa aja 18K tergolong cukup mahal juga ya hahaha, tapi kalau rasa enak dan cocok di lidah mah, pasti puas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya penilaian dari segi harga berbeda beda, sebenarnya kalo dari rasa mungkin sangat sesuai apabila sudah menikmati kelezatannya

      Delete
  6. Muantab, soto lamongan yg asli itu memang enak, wanginya itu tidak bisa bohong apalagi rasa. Meski banyak soto ala2 lamongan, tp tetap soto yg asli gk bs bohong.
    Thx infonya, kalau pas k Sby ada waktu, coba mampir ah #kepo
    Berarti kesimpulannya, ini soto memang istimewa ya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang juara rasanya bang, nyesel kalo udah di sekitaran surabaya ga sempet cicipin soto sartika

      Delete
  7. Bikin ngiler nih sotonya.
    Harganya lumayan terjangkau lagi.
    Jadi pengen makan soto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan lagi bisa nikmatin Soto Sartika bukan?

      Delete
  8. jadi penasaran deh, aku belum pernah kesitu :o

    ReplyDelete
  9. 18 ribu plus nasi ya masih termasuk standar ya. Apalagi kalau rasanya enak. Bisa jadi rekomendasi ya kalau lagi liburan ke Surabaya.

    ReplyDelete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.