3 Kota di Indonesia ini Bisa Jadi Alasan Kamu Nggak Lagi Benci Musim Hujan


Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya ribuan pantai indah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Nggak heran juga kalau para traveler lokal terus berburu tiket pesawat di musim panas agar bisa merasakan keindahan Indonesia. Sayangnya, sebagai negara tropis Indonesia punya dua musim, yaitu musim panas dan hujan. Bagi kebanyakan traveler, musim hujan berarti libur liburan. Cuaca yang terus-terusan mendung sepanjang hari, kadang diserta banjir saat hujan datang, bikin malas berpetualang.
Coba berpikir anti-mainstream. Musim hujan sebenarnya bukan halangan untuk pergi liburan. Ada banyak kota-kota yang punya atmosfer menarik kala musim hujan tiba, lho. Kalau nggak percaya, coba simak tiga daftar kota dengan keunikan masing-masing meski di musim hujan sekalipun.

Ubud


foto:indonesia.travel



Berlibur ke Bali saat musim hujan? Mungkin cuma kamu dan segelintir wisatawan saja yang mau membeli tiket pesawat ke Pulau Dewata karena daerah ini selalu identik dengan musim panas. Untuk menemukan keindahan Bali di musim hujan, fokuskan petualanganmu di sekitar Ubud. Air yang turun dari langit akan semakin menambah dingin hawa Ubud yang selalu sejuk.



Kalau turun hujan, luangkan waktu untuk menikmatinya sambil wisata kuliner di cafe atau kedai kopi terbaik di Ubud. Selain itu kamu juga bisa merasakan mistisnya hujan di Ubud sambil mengikuti kelas seni atau spa di hotel. Dijamin, bakal memberikan pengalaman yang nggak terlupakan.


Jogja

foto:kaskus.co.id

Jogja selalu punya nuansa syahdu yang selalu bikin wisatawan kangen dan berburu tiket pesawat untuk balik lagi ke sana. Kala musim hujan tiba, Jogja nggak kehilangan pesonanya. Justru kota budaya ini berubah menjadi kota romantis. Hawa yang sejuk makin menyempurnakan cuaca Jogja yang dikenal panas di musim kemarau. Lengkapi suasana tersebut dengan berbagai kuliner penghangat perut, mulai dari gudeg, bakmi jawa, atau bahkan kopi jos yang melegenda. Selain kulineran, kamu juga bisa mengunjungi museum-museum sejarah dan budaya, atau mengikuti kelas seni yang banyak digelar penduduk sekitar.



Lasem

foto:@feri_latief


Ada yang pernah berpetualang ke Lasem, Jawa Tengah? Mungkin hanya sedikit yang menunjukkan jari. Selama ini Lasem memang hanya sering dilintasi saja, jarang dihampiri oleh para traveler Indonesia. Padahal kota kecil ini memiliki pesona yang indah kala musim hujan tiba.
Disebut sebagai “Tiongkok Kecil,” Lasem memiliki banyak sudut-sudut yang medsos-able. Rumah-rumah tua dan punya nilai-nilai sejarah tetap berdiri, membuat pemandangan kota jadi lebih syahdu. Kamu bisa gunakan sudut ini untuk berfoto dan bikin timeline jadi makin ceria.
Sukses bikin foto yang mengundang banyak Like, jangan lupa juga mengikuti tur-tur sejarah, melihat dan mencoba bikin batik Lasem, atau memperdalam ilmu agama di kelas hikayat toleransi yang diselenggarakan oleh pondok pesantren di sekitar Lasem.
Ingin mengunjungi tiga kota di atas sekaligus dalam penghujung tahun ini? Segera rencanakan perjalananmu mulai dari membeli tiket pesawatnya!











2 comments:

  1. Seorang kawan bilang, di musim hujan, kalau dapat momen yang pas, bisa dapet sunrise kece,, mungkin foto Ubud di atas itu juga pas musim hujan ya :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya hujan tidak menjadi halangan. malah memberi kesan dan mood berbeda. bayangkan saat mentari terbit setelah hujan di malam hari. pasti akan terasa berbeda jika menikmati suasana menjemput matahari dalam keadaan normal

      Delete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.