Keindahan Tersembunyi Air Terjun di Sumba Timur


Air terjun Tanggedu, Sumba Timur


Selain bukit - bukit yang indah dan menjadi ciri khas di pulau Sumba, ada beberapa air terjun yang sangat unik dan identik sebagai salah satu primadona. Ya, air terjun di Sumba rata - rata mempunyai karakteristik dan mempunyai keunikan masing - masing. Sebenarnya di wilayah Sumba Timur banyak terdapat air terjun. Namun banyak juga di antaranya belum mempunyai akses yang bagus dan durasi atau jarak tempuh dari kota yang cukup jauh. Hal itu yang membuat beberapa air terjun masih belum banyak yang mengunjungi dan akses yang sulit membuat ia sepi pengunjung.

Namun kali ini saya akan mencoba membagiakan air terjun yang mudah di jangkau dan sangat familiar sekaligus bisa menjadi salah satu icon di Sumba Timur. 



Air terjun tanggedu


Siapa yang tidak mengenal air terjun satu ini. Apalagi setelah banyak di sebar di media sosial dan pernah juga menjadi syuting salah satu film membuat namanya kian tersohor di masyarakat. Air terjun Tanggedu kian menyedot pengunjung lokal hingga mancanegara. Ada yang sebatas memenuhi rasa penasaran akan keunikannya. Sampai – sampai masih ada yang tidak percaya akan keindahannya benar – benar ada.


Salah satu keunikan dari air terjun Tanggedu berupa relief bebatuannya sungguh unik. Tersusun rapi membuat celah dan lubang di setiap aliar air yang berwana biru muda. Siapapun akan dibuat terpukau akan penampakannya. Selain itu air terjun Tanggedu di kelilingi oleh perbukitan yang unik, ditambah lagi bagi kalian yang menyukai tantangan sangat cocok. Sebab di sepanjang perjalanan kalian akan melintasi beberapa medan yang cukup mengeluarkan tenaga.

Air terjun Tanggedu, Sumba Timur




Air terjun Tanggedu terletak di desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun yang berjarak sekitar 46km dari kota Waingapu. Rute perjalanan bisa di tempuh menuju utara. Di sepanjang perjalanan kalian akan melihat padang savana yang luas. Jika beruntung, kalian akan melihat hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan kuda. 


Kemudian setelah melewati padang savana nanti akan menemukan sebuah simpang jalan yang mempunyai penunjuk jalan. Tapi jalan setelahnya cukup rusak, jalan di dominasi oleh batuan. Selain itu jalan yang sempit dan berkelak – kelok cukup membuat siapa saja harus bekerja extra keras agar tidak salah mengambil jalan. Namun di sepanjang perjalanan akan terbayarkan oleh pandangan yang luar biasa. Kalian akan melihat hewan ternak seperti kuda, kerbau, babi, kambing yang sedang mencari makan di ladang warga selama perjalanan.




Setelah menanjak dan menuruni bukit, kalian akan mendapati desa terakhir yang sekaligus menjadi tempat pemberhentian atau parkir kendaraan. Biaya parkir masih tergolong murah, untuk motor kalian bisa membayar Rp5.000permotor dan Rp10.000 untuk mobil. Disini kalian bisa memulai perjalanan dengan berjalan kaki dengan durasi kurang lebih sekitar 45 menit.

Air terjun Tanggedu, Sumba Timur


Pertama – tama kalian akan berjalan menuruni aliran sungai dan kembali menaiki ke daratan sebelahnya. Selanjutnya perjalanan melintasi ladang milik warga setempat. Sebelum itu kalian dimintai retribusi sebesar Rp5.000 perorang. Kemudian kalian bisa melanjutkan perjalan hingga ke bukit terakhir. Dari sana kalian bisa melihat air terjun Tanggedu dari ketinggian.

Air terjun Tanggedu, Sumba Timur


Lalu perjalanan dilanjutkan menuruni bukit, jalan cukup licin tapi tetap aman. Karena masih ada pembatas untuk dijadikan pegangan. Sesampainya dibawah kalian akan disuguhkan dengan suara air yang mengalir deras. Bebatuan dan tebing di sekliling. Tentunya  akan memanjakan mata setelah perjalanan panjang. Semua terasa lengkap dari perjalanan penuh perjuangan dan ditutup pemandangan air terjun Tanggedu yang memukau.









Air terjun Waimarang


Air terjun Waimarang menjadi salah satu destinasi lainya selain Tanggedu. Karena air terjun satu ini juga mempunyai keunikan tersendiri. Meski cukup jauh dari kota Waingapu, air terjun ini tidak sepi pengunjungnya. Perjalanan sekitar 2 jam perjalanan menuju selatan ke wilayah Melolo. Namun perjalanan menuju air terjun Waimarang sedikit lebih mudah dan nyaman. Air terjun Waimarang berada di daerah Melolo, Desa Watu Hadang, Kecamatan Umalulu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Air terjun Waimarang, Sumba Timur


Selain melintasi perbukitan dan padang savana di sepanjang perjalanan, kalian pun akan dimanjakan dengan jalan yang lurus seperti tak berujung sebelum sampai di persimpangan menuju air terjun Waimarang. Tentunya perjalanan kalian tidak akan terasa membosankan jika terus disajikan pemandangan yang begitu indah.


Sesampainya di wilayah Melolo kalian akan menemukan jalan yang tepat di sebelah kantor polisi, kemudian kalian bisa mengikutinya terus dengan jarak tempuh sekitar 15 menit sebelum menemukan persimpangan dan jalan kecil yang menuju ke lokasi. Jangan khawatir, disana terdapat penujuk jalan di bagian kiri, jadi jangan takut akan tersesat.

Air terjun Waimarang, Sumba Timur


Dari penunjuk jalan kalian bisa mengikuti jalan kecil yang berada di tengah pemukiman warga. Beberapa menit kemudian kalian akan melintasi jalan tanah di balut bebatuan. Jalan kecil mendaki dan menurun hingga sampai di perkampungan terakhir. Selanjutnya kalian akan melintasi sungai kering, dan dilanjutkan melintasi padang savana hingga ke area parkir.


Di air terjun Waimarang hanya di pungut parkir saja sejumlah Rp10.000 permotor dan Rp20.000 permobil. Dari tempat parkir kalian bisa melanjutkan perjalanan menuruni bukit. Perjalanan cukup dekat, sekitar 30 menit hingga sampai di lokasi air terjun Waimarang.

Air terjun Waimarang, Sumba Timur



Pertama – tama perjalanan menuruni bukit, di dalam perjalanan kalian akan disuguhkan deretan bukit dan hutan menghiasi di antaranya. Selanjutnya kalian akan menemukan jalan datar diantara hutan kecil yang cukup rapat. Beberapa menit kemudian kalian akan dihadapkan dengan satu turunan cukup terjal. Nah disini adalah salah satu rintangan yang ada di air terjun Waimarang.


Meski cukup terjal, namun masih memiliki tingkat keamanan yang cukup. Sebab, warga setempat telah memberi pengangan terbuat dari bambu dan batang pohon sebagai penyangganya. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk turun tanpa takut terjatuh. Selain itu, tanahnya pun sudah di bentuk seperti anak tangga, kalian bisa turun atau naik dengan mudah dengan mengikuti setiap anak tangganya. Perjalanan telah sampai dibawah, namun kalian belum bisa langsung melihat air terjunnya. Kalian harus melewati rintangan terakhir. Yaitu dengan menyeberangi aliran sungai, kemudian menaiki tebing dan berjalan menyamping untuk bisa sampai di lokasi.


Setelah melewati berbagai rintangan, kalian akan di suguhkan pemandangan yang luar biasa. Air terjun Waimarang yang benar benar indah. Bentuknya sangat unik menyerupai mangkok, dibalut dengan warna air biru. Membuat siapa saja ingin segera terjun dan menikmati kesegarannya. Selain itu air terjun Waimarang benar – benar tersembunyi. Diapit oleh tebing dan pohon – pohon yang lebat, membuat lokasinya tetap terjaga keasriannya.

Air terjun Waimarang, Sumba Timur



Jika kalian tak mahir berenang, kalian masih bisa menikmatinya untuk berswafoto atau mengabadikan keindahannya. Atau kalian bisa juga sekedar membasahi kaki atau mandi di bagian bawah air terjun. Sebab di bawah terdapat aliran air terjun yang cukup dangkal. Jadi kalian tidak perlu khawatir tidak bermain air disana. Pun jika kalian gemar dengan tantangan, kalian bisa menuju ke bagian atasnya.


Disana terdapat kolam yang tak kalah indahnya dengan air terjun utama. Namun kalian perlu sedikit mengeluarkan tenaga extra. Sebab kalian harus berjalan mengitari dindin air terjun, kemudian memanjatnya tepat di bagian batu sebelah aliran yang cukup deras. Dari sana kalian bisa memilih untuk mandi di kolam atau bisa mencoba sensasi loncat ke bawah. Satu catatan, jika kalian tidak yakin atau tidak bisa berenang, jangan mencoba melakukannya. Kecuali kalian di dampingin oleh guide atau teman yang lebih berpengalaman yang bisa menjaga jika terjadi hal tak terduga.



Kurang lebih seperti itu tentang keindahan air terjun di Sumba Timur yang wajib kalian kunjungi jika sedang berlibur ke pulau Sumba. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin menikmatinya.


No comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan Komentar untuk memberi semangat terus menulis.

Tunggu aku berkunjung ke Rumah berjalanmu.
Barangkali kita akan bertemu di Dunia Nyata dan Berbagi cerita

Jika Bermanfaat silahkan di bagikan

Salam Hangat
Ranselusang

Powered by Blogger.